wELcOmE tO bLo9 tEcHnO Gw

Tiada hari tanpa informasi....!!!!

Senin

Empat fase perkembang komunikasi manusia

Everett M Rogers mencatat tentang empat fase perkembangan komunikasi manusia fase-fase tersebut adalah :
  1. The Writing Era
  2. The Printing Era
  3. Tellecommunication Era
  4. Interactive Communication Era
Sebelum fase tersebut Roger mengungkapkan, pada masa -masa awal manusia melakukan kontak dengan sesuatu yang sangat sederhana. gambar-gambar lukisan digoa menunjukan bahwa bagaimana manusia prasejarah mengekspresikan tentang apa yang terjadi dan dialaminya.

  1. Pada era writing terlihat jelas bahwa era kominikasi dimulai dengan tulisan yang mulai bisa dipahami yang dipelopori oleh bangsa sumeriahal ini dikembangkan lebih jauh saat ditemukan mesin cetak oleh gutenberg, walau demikian pada awal mesin cetak itu hanyalah untuk mengcopy kitab yang sebelumnya telah ditulis tangan oleh kalangan gerejadan tersebar sangat terbatas hingga masa renaisance
  2. The Printing Era, Rogers memaparkan bahwa fase ini komunikasi manusia lebih maju dengan memanfaatkan teknologi cetak
  3. Telecommunication Era berimplikasi pada pengertian komunikasi dengan jarak yang berjauhan (communication at a long distance). era ini mulai berkembang pesat pada tahun 1800-an ini memasuki era teknologo elektronika.rogers memulai era ini dengan mengambil moment pada saat samuel morse pada tanggal 24 mei 1844 menemukan mesin telegraph.
  4. Sementara interactive communication era, merupakan era yang paling kontenporer dimana telekomunikasi terjadi antara dua media yang berbeda dan difasilitasi dengan keberadaan komputer.

2 komentar: