wELcOmE tO bLo9 tEcHnO Gw

Tiada hari tanpa informasi....!!!!

Sabtu

Definisi-Definisi informasi

Menurut Gordon B.Davis informasi adalah Data yang telah dikelolah menjadi suatu bentuk yang penting bagi sipenerima dan mempunyai nilai yang nyata yang dapat dirasakan dalam keputusan-keputusan yang sekarang atau keputusan-keputusan yang akan datang.

Menurut Burch dan Strater Informasi adalah pengumpulan atau pengolahan data untuk memberikan pngetahuan atau keterangan.

menurut George R. Terry, Ph.d Informasi adalah data yang penting yang memberikan pengetahuan yang berguna.

Jadi secara umum informasi adalah data yang sudah diolah menjadi suatu bentuk lain yang lebih berguna yaitu pengetahuan atau keterangan yang ditujukan bagi penerima dalam pengambilan keputusan baik masa sekarang ataupun yang akan datang.

Berguna atau tidaknya informasi tergantung pada beberapa aspek yaitu:
  1. Tujuan si penerima maksudnya apabila informasi itu ditujukan untuk memberikan bantuan maka informasi itu harus membantu si penerima dalam usahanya untuk mendapatkannya.
  2. Ketelitian penyampaian dan pengelolahan data maksudnya penyampaian dan mengelolah data , inti dan pentingnya info harus dipertahankan.
  3. Waktu maksudnya informasi yang disajikan harys sesuai dengan perkembangan informasi itu sendiri.
  4. Ruang dan Tempat maksudnya informasi yang didapat harus tersedia dalam ruangan atau tempat yang tepat agar penggunaannya lebih terarah bagi si pemakai.
  5. Bentuk maksudnya Dalam hubungannya bentuk informasi harus disadari oleh penggunaannya secara efektif, hubungan-hubungan yang diperlukan,kecendrungan-kecendrungan dan bidang yang memerlukan perhatian manajemen serta menekankan informasi tersebut kesituasi-situasi yang ada hubungannya.
  6. Semantik maksudnya agar informasi efektif harus ada hubungannya antara kata-kata dan arti yang cukup jelas dan menghindari kemungkinan salah tafsir.
Jelaslah bahwa agar informasi itu menjadi berguna harus disampaikan kepada orang yang tepat, pada waktu yang tepat, dan dalam bentuk yang tepat pula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar