wELcOmE tO bLo9 tEcHnO Gw

Tiada hari tanpa informasi....!!!!

Rabu

Sejarah Informasi


Pada awal sejarah, manusia bertukar informasi melalui bahasa. maka bahasa adalah teknologi bahasa memungkinkan seseorang memahami informasi yang disampaikan oleh orang lain. tetapi bahasa yang disampaikan dari mulut kemulut hanya bertahan sebentar saja, yaitu hanya pada saat sipengirim menyampaikan informasi melalui ucapan informasi itu saja.setelah ucapan itu selesai, maka informasi yang berada di tangan sipenerima itu akan dilupakan dan tidak bisa disimpan lama. selain itu jangkauan suara juga terbatas. untuk jara tertentu, meskipun masih terdengar,informasi yang disampaikan lewat bahasa suara akan terdegradasi bahkan hilang sama sekali.
Setelah itu informasi berkembang melalui gambar, denmgan ganbar jangkauan informasi bisa lebih jauh, gambar ini bisa dibawa-bawa dan disampaikan kepada orang lain. selain itu informasi yang ada akan bertahan lebih lama. contoh beberapa gambar peninggalan zaman purba masih ada sampai sekaramg sehingga manusia sekarang dapat mencoba memahami informasi yang ingin disampaikan pembuatnya.
Kemudian ditemukannya alfabet dan angka arabik memudahkan cara penyampaian informasi yang lebih efisien dari cara yang sebelumnya. contohnya penulisan angka MCMXLIII diganti dengan 1943 teknologi dengan alfabet ini memudahkan dalam penulisan informasi itu.
Kemudian teknologi percetakan memungkinkan pengiriman informasi lebih cepat lagi. teknologi elektronik seperti Radio,TV,Komputer mengakibatkan informasi menjadi ledih cepat tersebar diarea yang lebih luas dan lebih lama tersimpan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar