wELcOmE tO bLo9 tEcHnO Gw

Tiada hari tanpa informasi....!!!!

Sabtu

Kualitas dan manfaat sistem Informasi

Kualitas Informasi
Kualitas informasi sangat dipengaruhi atau ditentukan 3 hal, yaitu:
  1. Relevan (relevancy) berarti informasi memberikan manfaat bagi pemakainya
  2. Akurat ( accuracy) berarti informasi harus bebas dari kesalahan-kesalahan dan tidak bias atau menyesatkan dan harus jelas mencerminkan maksudnya. ketidakakuratan dapat terjadi karena sumber informasi (data) mengalami gangguan atau kesenjangan sehingga merusak atau merubah data-data asli tersebut.
  3. Tepat waktu berarti Informasi yang dihasilkan atau dibutuhkan tidak boleh terlambat (usang) informasi yang usang tidak mempunyai nilai yang baik sehingga kalau digunakan sebagian dasar pengambilan keputusan akan berakibat fatal atau kesalahan dalam keputusan dan tindakan.
Manfaat sistem Informasi
  • Organisai menggunakan sistem informasi untuk mengolah transaksi-transaksi, mengurangi biaya dan menghasilkan suatu produk atau pelayanan mereka.
  • Bank menggunakan sistem informasi untuk mengolah cek-cek nasabah dan membuat berbagai laporan rekening koran dan transaksi yang tepat.
  • Perusahaan menggunakan sistem informasi untuk mempertahankan persediaan pada tingkat paling rendah agar konsisten dangan jenis barang yang tersedia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar